Speed
is the essence of war. Take advantage of the enemy's unpreparedness;
travel by unexpected routes and strike him where he has taken no
precautions (Sun Tzu).
Lightning hammer
Yang
dimaksud dengan Lightning hammer adalah pasukan hammer dengan unit
tercepat, biasanya menggunakan theutates thunder karena merupakan unit
yang tercepat dalam travian (hanya bisa digunakan oleh galia). Sedangkan
romawi bisa menggunakan Equites Imperatoris dan teuton bisa menggunakan
Teutonic Knight. Secara garis besar tujuan membuat Lightning hammer
adalah menghancurkan dengan segera pertahanan musuh sebelum mereka
mengumpulkan kekuatan penuh. Bisa juga digunakan untuk meng-counter
serangan musuh dengan cepat. Desa yang biasanya difungsikan sebagai
Lightning hammer adalah 7c dan 9c.
Beberapa
pemain ada yang mempunyai 1-3 desa Lightning hammer. Biasanya desa2 ini
merupakan desa raid yang bisa dialihfungsikan menjadi Lightning hammer.
Sangat menakutkan apabila kita bisa membuat 3 desa Lightning hammer
yang masing2 berisi ribuan bahkan puluhan ribu theutates thunder.
Ketakutan terbesar biasanya datang dari hammer2 musuh yang khawatir
dengan munculnya serangan tiba2; Apalagi kalau disertai dengan adanya
mata-mata di dalam aliansi. Kembangkan pusat kebugaran untuk membuat
Lightning hammer lebih menakutkan dengan kecepatannya dan kalau bisa
dikombinasikan dengan artefak slipih angin. Pilih ksatria dari unit
tercepat supaya bisa diikutkan dalam serangan tanpa mengurangi
kecepatan.
Open the gates completely and let the enemy in, then ambush them from within, making the gates meatgrinders (Zhuge Liang).
Strategi benteng kosong
Saat
perang kuadran, pemain menyiapkan desa dengan jarak yang sangat dekat
dengan musuh. Misalnya pemain memiliki banyak desa di sekitar (50,51),
sedangkan desa A disiapkan sebagai desa pancingan. Desa ini kosong dan
posisinya sangat dekat dengan kuadran musuh misalnya di (10,12).
Kemungkinan besar desa yang akan menjadi target serangan adalah desa A.
Namun, bagaimana apabila bangunan Desa A adalah desa anti cata seperti
ini.
Tujuan
dibangunnya desa seperti ini adalah untuk mengetahui jumlah hammer
musuh, posisi desa hammer, serta membuang energi musuh untuk merancang
CFA yang sia-sia. Agar lebih maksimal, di desa pancingan dikembangkan
bangunan-bangunan yang mempunyai populasi paling besar, seperti
kedutaan, pasar, bangunan utama, dll. Dari beberapa pengalaman, desa
seperti ini bahkan pernah di chief salah satu musuh. Entah apa yang ada
di pikiran penyerang saat tau desa yang dia chief isinya desa
penghijauan.
Know your enemy and know yourself and you can fight a hundred battles without disaster (Sun Tzu).
Menjadi mata-mata profesional
Untuk
menjadi mata-mata yang profesional, sebaiknya ID dikembangkan secara
maksimal agar mempunyai pengaruh yang luas di dalam aliansi. Mata-mata
identik dengan multi ID, hanya saya tidak menyarankan untuk menjadi
mata-mata dengan multi ID (lagipula hal itu illegal). Hal-hal yang biasa
dilakukan oleh mata-mata adalah :
1. Membocorkan informasi MM, CFA, CFD.
CFA
yang bocor akan sangat fatal karena operasi militer yang dilaksanakan
pasti akan gagal total. Disini mata-mata berusaha mencari informasi
lewat teman-teman aliansi lain (lewat messenger atau IGM), meskipun dia
sebenarnya tidak dimasukkan ke dalam battle group CFA tersebut.
2. Melihat peran pemain di dalam forum atau messenger, siapa yang lebih vokal dan punya pengaruh.
Hal
ini penting untuk menentukan target serangan. Apabila pemain yang
berpengaruh hancur lebih dulu, mental pemain-pemain lain akan langsung
turun. Biasanya target serangan adalah petinggi aliansi atau
pemain-pemain yang masuk top ranking penyerang atau perampok.
3. Memperhitungkan desa hammer pemain dan jumlah pasukan yang dimiliki.
Semua
pemain tidak ingin desa hammer-nya ketahuan untuk mengantisipasi
kemungkinan kena chief (apabila bukan desa ibukota) atau kena serangan
terus-menerus. Jumlah pasukan juga penting untuk memperkirakan siapa
pemain yang dianggap berbahaya, tipe bermain attack/defence, serta
jumlah pasukan yang ikut defence saat desa diserang.
4. Merebut lahan raid.
Informasi
lahan raid yang bocor segera ditindaklanjuti dengan pemberitahuan
kepada anggota aliansi pihak mata-mata supaya ikut mendatangi desa-desa
tersebut. Dengan seretnya penghasilan lewat raid, akan membuat
pengembangan desa menjadi sulit.
5. Melakukan sabotase dengan meng-cata gudang & lumbung lahan raid.
Hal
ini adalah salah satu yang tidak saya sukai. Saya pernah menemukan
anggota aliansi yang kerjanya cata gudang & lumbung lahan raid.
Alasannya, salah sasaran cata. Padahal apa yang mau di-cata ? toh
pemainnya sudah tidak aktif lagi. Langsung pemain yang bersangkutan saya
pindahkan ke wing agar tidak merepotkan ke depannya.
6. Mengubah arah politik aliansi.
Beberapa
pemain yang berpengaruh tentu punya kuasa untuk menyuarakan persekutuan
atau perang dengan aliansi tertentu. Hal ini sangat berperan penting
dalam hasil akhir peperangan. Politik adalah perang tanpa pertumpahan
darah.
7. Memecah belah aliansi.
Mata-mata
membuat rusuh dalam aliansi, membuat serangan kepada sekutu atau
aliansi netral, menghasut anggota aliansi untuk tidak percaya kepada
petinggi, serta kegiatan-kegiatan lain yang menghancurkan aliansi
sedikit demi sedikit.
To
avoid enemy’s strong point, and conquer the easiest point first, so
that our soldiers have higher morale and we eat up step by step until
the last (Cao Cao).
Meningkatkan experience ksatria dengan memanfaatkan kelemahan pasukan alam
Apabila
pemain adalah non-gold user, meningkatkan experience ksatria terasa
sulit karena sangat bergantung pada scroll dan petualangan (T4);
Sedangkan perang membutuhkan pengorbanan pasukan yang tidak sedikit. Ada
cara lain untuk meningkatkan experience dengan efektif dan tidak
membutuhkan biaya besar seperti membeli scroll, yaitu dengan
memanfaatkan pasukan alam pada oasis. Coba perhatikan tabel kemampuan
pasukan alam berikut.
Secara
umum, kekuatan pasukan alam berimbang antara experience yang didapat
dengan kemampuannya. Hanya ada satu jenis pasukan yang punya kelemahan
mencolok yaitu babi hutan (wild boar). Kemampuan babi hutan bertahan
menghadapi serangan pasukan berkuda sangat rendah yaitu 33.
Untuk
memanfaatkan kelemahan ini, siapkan ksatria dengan kekuatan yang cukup
(misalnya 5000); Pasukan berkuda sekitar 25-30; Setelah itu cari oasis
yang ada babi hutan. Oasis yang biasanya dihuni babi hutan adalah oasis
liat 25% atau liat 25% + gandum 25%. Biasanya komposisi pasukan alam
yang ada disana adalah tikus, laba-laba, dan babi hutan.
Dengan
melakukan serangan ini, ksatria bisa mendapatkan experience 50+.
Bayangkan kalau kita bisa melakukan hal ini sedikitnya 5 kali dalam
sehari. Ksatria akan mendapatkan experience sekitar 300 dan sejumlah
SDA. Jadi cara ini sangat efektif untuk mendapatkan experience.
The
loss of any army is always caused by underestimating the enemy.
Therefore gather information and watch the enemy carefully (Zhuge
Liang).
Mengetahui potensi aliansi musuh dalam bertahan (Tidak ada spy di dalam aliansi musuh)
1.
Siapkan desa yang khusus mengembangkan pengintai (Equites legati,
Pathfinder, Scout) sehingga desa bisa memiliki ribuan pengintai.
2. Desain serangan fake oleh 3-5 ID besar dalam aliansi dengan ETA yang sama kepada anggota ally musuh yang paling berpengaruh.
3. Bersamaan dengan itu, pengintai dikirim dengan ETA bersamaan dengan ETA serangan fake masuk.
4. Minta teman aliansi lain untuk melakukan fake ke desa musuh secara bebas dan tidak beraturan.
Dengan
langkah-langkah di atas, pihak penyerang kemungkinan kehilangan banyak
pengintai (sekitar 100an). Tetapi hasilnya, penyerang bisa tau kekuatan
utama aliansi musuh, terutama bagaimana mereka meng-koordinasikan CFD
serta jumlah pasukan yang ikut bertahan.
If
an enemy has alliances, the problem is grave and the enemy's position
strong; if he has no alliances, the problem is minor and the enemy's
position weak (Sun Tzu).
Putuskan hubungan pemain dengan aliansinya
Ada beberapa sebab seseorang menargetkan untuk menghancurkan "kedutaan" pemain musuh.
Pertama,
untuk menghancurkan cranny lawan (Note : untuk menghancurkan cranny,
masukkan kedutaan sebagai target cata-- apabila desa target ternyata
tidak memiliki kedutaan, cata akan menghancurkan cranny dengan catatan
level titik temu sudah cukup tinggi. Karena ada kemungkinan cata akan
meleset bila level titik temu rendah).
Yang
kedua adalah untuk memutuskan hubungan seorang pemain dengan
aliansinya. Misalnya, ada pemain yang kurang aktif dan ingin kita
jadikan lahan raid. Masalahnya, aliansi pemain tersebut tampak berbahaya
apabila ikut campur. Maka saat melumpuhkan pemain tersebut, kita
meng-cata kedutaan di wave pertama. Saat kedutaan pemain lawan sudah
hancur, setiap serangan yang kita lakukan tidak akan muncul dalam
laporan serangan aliansi. Saat pemain cuma memiliki 1 desa, kita bisa
langsung tau dimana kedutaan di bangun. Saat desa sudah lebih dari 1,
kemungkinan besar kedutaan ada di desa 1; Ada juga kemungkinan kedutaan
dibangun di tiap desa -- niatnya untuk meningkatkan nilai budaya. Kalau
kasusnya seperti itu, keinginan untuk memutuskan hubungan pemain dengan
aliansinya akan sulit.
Yang
ketiga adalah untuk membuat kacau aliansi musuh dengan menghancurkan
kedutaan yang menjadi milik aliansi (biasanya salah satu pemain diminta
untuk memegang kedutaan aliansi). Ketika hal itu dilakukan, aliansi
tidak akan bisa menambah anggota sampai kedutaan mencapai level yang
dibutuhkan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar