Whether to concentrate or to divide your troops, must be decided by circumstances (Sun Tzu).
Tips mengembalikan pasukan bantuan
Saat
mengembalikan pasukan (biasanya pasukan defence), usahakan membagi wave
pengembalian sesuai kecepatan jenis pasukan. Saat perang kuadran,
pasukan defence membutuhkan waktu yang lama untuk lintas kuadran,
sehingga sangat membantu apabila kita mengembalikannya lebih cepat.
Pasukan defence yang biasa digunakan adalah :
Galia = Phalanx untuk pasukan yang lambat; Pathfinder + Druidrider untuk pasukan yang cepat.
Romawi = Legionnaire + Praetorian untuk pasukan yang lambat; Equites Legati untuk pasukan yang cepat
Teuton = Spearman + Scout untuk pasukan yang lambat; Paladin untuk pasukan yang cepat.
Apabila
wave untuk pengembalian pasukan dibagi, misalnya druidrider dan
pathfinder tiba lebih dahulu -- apabila ada CFD, pasukan dengan segera
bisa berangkat tanpa menunggu sampai wave phalanx kembali. Atau paladin
tiba lebih dulu, bisa segera dipakai untuk melakukan raid tanpa menunggu
sampai spearman kembali.
Do the unexpected, attack the unprepared (Zhuge Liang).
Buatlah serangan kejutan.
Serangan
yang kelihatannya real ternyata fake; serangan yang kelihatan fake
ternyata real. Selama hal itu bisa kita lakukan, musuh pasti akan
kewalahan dan CFD tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Hal umum yang
selalu terjadi, serangan real mudah dibaca karena ketidaksempurnaan
melakukan fake atau kurangnya koordinasi.
Salah
satu contoh serangan kejutan : Pemain lawan memegang artefak telik
sandi besar (yang mana dia akan tau jenis pasukan yang dikirim). Bukan
rahasia umum, apabila serangan membawa hero adalah 99% real. Pemain
dalam aliansi bersepakat membuat serangan kejutan dengan merelakan hero
diikutkan dalam wave fake. Yang terjadi setelah serangan kejutan adalah
pemain lawan panik, desa yang di CFD tidak ada satupun yang real,
sedangkan desa-desa lain hancur setelah di bombardir secara spartan
karena tidak di CFD.
Strategi
landak : cara ini sudah familiar di kalangan travianers. Apabila pemain
sering di raid, bikin padepokan dan latih hero tipe bertahan; Jangan
lupa tinggikan pagar dan kastil untuk memperbesar efek. Apabila diraid
kembali, pihak penyerang akan rugi lebih banyak daripada pihak yang
bertahan (dengan catatan pasukan yang dibawa jumlahnya sedikit,
bertujuan untuk me-raid). Andai hero matipun, bisa dihidupkan kembali
dengan SDA yang tidak seberapa dibandingkan SDA yang harus dikeluarkan
musuh untuk membuat pasukan. Hal ini membuat musuh berpikir 2x sebelum
menyerang lagi. Untuk T4, hal ini lebih mudah karena hero punya
kemampuan lebih dan tidak butuh padepokan untuk mendapatkan hero. Selain
dengan hero, serangan kejutan bisa dilakukan dengan menaruh pasukan
defence di desa sesekali. Pasukan defence dikumpulkan sampai banyak
terlebih dahulu baru diikutkan defence. Cara mengumpulkan pasukan
defence adalah dengan menitipkan pasukan di desa lain (bisa juga desa
teman) atau dodge serangan musuh terus menerus.
It
is essential to seek out enemy agents who have come to conduct
espionage against you and to bribe them to serve you (Sun Tzu).
Memanfaatkan mata-mata
Sebagian
besar dari kita, apabila mengetahui seseorang adalah mata-mata, akan
menghukum pemain tersebut dengan mengeluarkannya dari aliansi, di raid
dan cata beramai-ramai. Ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan
sebelum hukuman itu dilakukan. Saya anggap cara seperti itu adalah cara
yang terakhir. Coba manfaatkan mata-mata dengan memberikan IGM CFA atau
CFD yang salah sehingga membuat musuh terkejut. Misalnya, kepada battle
group penyerang diminta untuk mengirimkan pasukan real ke desa A dan
fake ke desa B; Sedangkan mata-mata diberikan pesan yang justru
sebaliknya, pasukan real ke desa B dan fake ke desa A. Dengan demikian,
potensi musuh melakukan CFD akan pindah ke desa B -- padahal serangan
real justru masuk ke desa A.
Mata-mata
bisa saja berubah haluan seiring berjalannya waktu dan kedekatan antar
anggota aliansi. Selama suasana aliansi kondusif, anggota bisa
bekerja-sama, petinggi memperhatikan anggota -- membuat mata-mata
menjadi nyaman berada didalam aliansi dan bisa saja berubah haluan
politik. Hal itu akan meningkatkan moral aliansi.
Thus
if the enemy is rested you can tire him; if he is well fed you can make
him hungry; if he is at rest you can move him. Go forth to positions to
which he must race. Race forth where he does not expect it (Sun Tzu).
Membuat musuh kelaparan.
Gandum
adalah salah satu faktor penting yang membuat pasukan bisa tetap
bertahan selama perang. Saat musuh berusaha bertahan dari serangan
terhadap desanya yang banyak (fake dan kemungkinan serangan real),
perhatiannya tidak akan tertuju kepada siapa saja yang mengirimkan
pasukan bertahan ke desa (apabila ada CFD), tetapi siapa saja yang
melakukan serangan. Kelengahan ini bisa kita manfaatkan dengan mencuri
gandum yang ada pada desanya. Caranya dengan mengirimkan pasukan
bertahan mode bantuan, dan sesaat sebelum serangan real masuk, segera
tarik pasukan bertahan. Bisa juga mengirimkan bantuan ke oasis-nya agar
tidak perlu ditarik selama serangan ke desa. Note : untuk spy cara ini
malah sangat menjanjikan dan tidak mencurigakan.
Saat
perang satu lawan satu (Di awal game), teuton dengan hobinya melakukan
raid membuat gandum di desa kemungkinan besar minus. Saat tidak online
mereka memperhitungkan jumlah gandum yang tersedia cukup digunakan
selama tidak online. Mungkin pasukan kita tipe bertahan sehingga
menyerang secara frontal akan merugikan. Kirim pasukan defend kita
dengan mode bantuan ke desanya sampai pasukan bantuan berkurang
(menandakan gandum sudah habis), tarik pasukan, dan tunggu sampai
kelaparan memakan korban di desa nya.
Croplock
adalah cara untuk membuat desa kelaparan berkepanjangan dengan
menghancurkan semua ladang, toko roti, dan penggilingan gandum; Di
sertai dengan penghancuran lumbung (menghabiskan gandum yang ada),
gudang (mempersulit NPC dengan crop lain - hanya tidak direkomendasikan
apabila ingin menjadikan desa tersebut lahan raid), bangunan utama
(memperlambat pembangunan), dan juga pasar (menghentikan supply SDA ke
desa lainnya). Saat pemain di-croplock mereka akan mencoba mendapatkan
gandum dari desa terdekat (entah desa sendiri atau desa teman terdekat);
Cara terbaik untuk keluar dari kondisi croplock adalah menggunakan
fasilitas NPC dan pembangunan dengan segera (butuh gold yang banyak) --
mendapatkan gandum dari pertukaran SDA lain dan segera bangun ladang
sebelum habis lagi karena minus. Lakukan terus menerus sampai gandum
sudah tidak minus. Untuk T4, bisa memanfaatkan hero dengan memindahkan
hero ke desa croplock, pakai buku kebijaksanaan : set semua point untuk
menaikkan atribut sumberdaya, dan dalam pengaturan produksi sumberdaya
hero pilih gandum.
Once
you destroy something, you not only take away it’s ability to be your
enemy, BUT, you also take away it’s ability to be your friend (Sun Tzu).
Bijaklah memilih teman dan menyatakan perang
Saya
pernah membaca di forum travian kejadian yang saya anggap licik dan
tidak mendidik. Ada pemain besar sering melakukan raid kepada pemain
kecil. Kemudian, dia berkomunikasi dengan pemain kecil tersebut;
Mengajarkannya cara bermain travian yang baik dan bagaimana
mengembangkan desa. Setelah beberapa lama, dia menganjurkan penggantian
ibukota dengan desa yang lebih baik. Setelah ibukota berpindah tempat,
ibukota lama di chief oleh pemain besar tersebut. Penuh kontroversi dan
caci maki di forum.
Tidak
selamanya menghabisi desa di areal 7x7 atau 14x14 adalah cara terbaik
untuk berkembang. Kadangkala kita perlu membiarkan desa-desa di sekitar
kita untuk berkembang agar bisa di chief kemudian hari. Kembangkan chief
di beberapa desa dan usahakan jumlahnya 2-3 chief di masing2 desa
(dapatkan 3 chief di masing2 desa dengan cara bangun istana. Setelah 3
chief jadi, hancurkan dan bangun istana di desa lain -- hanya merepotkan
apabila ada chief yang mati, karena terpaksa bangun istana lagi di desa
tersebut).
Thus, what is of supreme importance in war is to attack the enemy's strategy (Sun Tzu).
Membuat cata musuh meleset
Apabila
musuh melancarkan serangan cata dan kita tidak memiliki kemampuan untuk
bertahan, counter balik serangan musuh dengan melakukan cata target
titik temu. Diharuskan serangan cata kita masuk lebih dulu daripada
serangan cata musuh.
Supaya
cata masuk lebih dulu, serangan bisa dilakukan dari desa pemain atau
teman yang terdekat dengan desa musuh. Bisa juga dilakukan dari desa
yang sama (pusat kebugaran lebih tinggi). Taktik ini sukses apabila
timing serangan tepat sehingga saat cata musuh tiba, titik temu
didesanya sudah hancur. Hasilnya, serangan cata lawan akan meleset
semua.
Apabila
tidak ada desa yang bisa melakukan serangan cata lebih awal ke desa
musuh, intercept serangan tersebut. Serangan cata biasanya diawali
dengan hammer besar, diikuti banyak wave membawa sedikit pasukan + cata.
Masukkan pasukan defence di antara hammer utama dan wave selanjutnya
(intercept); bisa dengan dodge atau pengiriman pasukan dari desa lain.
Perlu analisa dan keberuntungan untuk menilai wave mana yang merupakan
hammer utama.
Bagi
yang mau berbagi strategi lain saat bermain travian, bisa ditulis
disini agar kita bisa sama-sama belajar untuk mengembangkan strategi
tersebut menjadi kemenangan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar