Pages

Sabtu, 29 September 2012

Strategy Perang Travian II

Whether to concentrate or to divide your troops, must be decided by circumstances (Sun Tzu).
Tips mengembalikan pasukan bantuan
Saat mengembalikan pasukan (biasanya pasukan defence), usahakan membagi wave pengembalian sesuai kecepatan jenis pasukan. Saat perang kuadran, pasukan defence membutuhkan waktu yang lama untuk lintas kuadran, sehingga sangat membantu apabila kita mengembalikannya lebih cepat. Pasukan defence yang biasa digunakan adalah :
Galia = Phalanx untuk pasukan yang lambat; Pathfinder + Druidrider untuk pasukan yang cepat.
Romawi = Legionnaire + Praetorian untuk pasukan yang lambat; Equites Legati untuk pasukan yang cepat
Teuton = Spearman + Scout untuk pasukan yang lambat; Paladin untuk pasukan yang cepat.
Apabila wave untuk pengembalian pasukan dibagi, misalnya druidrider dan pathfinder tiba lebih dahulu -- apabila ada CFD, pasukan dengan segera bisa berangkat tanpa menunggu sampai wave phalanx kembali. Atau paladin tiba lebih dulu, bisa segera dipakai untuk melakukan raid tanpa menunggu sampai spearman kembali.


Do the unexpected, attack the unprepared (Zhuge Liang).
Buatlah serangan kejutan.
Serangan yang kelihatannya real ternyata fake; serangan yang kelihatan fake ternyata real. Selama hal itu bisa kita lakukan, musuh pasti akan kewalahan dan CFD tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Hal umum yang selalu terjadi, serangan real mudah dibaca karena ketidaksempurnaan melakukan fake atau kurangnya koordinasi.
Salah satu contoh serangan kejutan : Pemain lawan memegang artefak telik sandi besar (yang mana dia akan tau jenis pasukan yang dikirim). Bukan rahasia umum, apabila serangan membawa hero adalah 99% real. Pemain dalam aliansi bersepakat membuat serangan kejutan dengan merelakan hero diikutkan dalam wave fake. Yang terjadi setelah serangan kejutan adalah pemain lawan panik, desa yang di CFD tidak ada satupun yang real, sedangkan desa-desa lain hancur setelah di bombardir secara spartan karena tidak di CFD.
Strategi landak : cara ini sudah familiar di kalangan travianers. Apabila pemain sering di raid, bikin padepokan dan latih hero tipe bertahan; Jangan lupa tinggikan pagar dan kastil untuk memperbesar efek. Apabila diraid kembali, pihak penyerang akan rugi lebih banyak daripada pihak yang bertahan (dengan catatan pasukan yang dibawa jumlahnya sedikit, bertujuan untuk me-raid). Andai hero matipun, bisa dihidupkan kembali dengan SDA yang tidak seberapa dibandingkan SDA yang harus dikeluarkan musuh untuk membuat pasukan. Hal ini membuat musuh berpikir 2x sebelum menyerang lagi. Untuk T4, hal ini lebih mudah karena hero punya kemampuan lebih dan tidak butuh padepokan untuk mendapatkan hero. Selain dengan hero, serangan kejutan bisa dilakukan dengan menaruh pasukan defence di desa sesekali. Pasukan defence dikumpulkan sampai banyak terlebih dahulu baru diikutkan defence. Cara mengumpulkan pasukan defence adalah dengan menitipkan pasukan di desa lain (bisa juga desa teman) atau dodge serangan musuh terus menerus.


It is essential to seek out enemy agents who have come to conduct espionage against you and to bribe them to serve you (Sun Tzu).
Memanfaatkan mata-mata
Sebagian besar dari kita, apabila mengetahui seseorang adalah mata-mata, akan menghukum pemain tersebut dengan mengeluarkannya dari aliansi, di raid dan cata beramai-ramai. Ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan sebelum hukuman itu dilakukan. Saya anggap cara seperti itu adalah cara yang terakhir. Coba manfaatkan mata-mata dengan memberikan IGM CFA atau CFD yang salah sehingga membuat musuh terkejut. Misalnya, kepada battle group penyerang diminta untuk mengirimkan pasukan real ke desa A dan fake ke desa B; Sedangkan mata-mata diberikan pesan yang justru sebaliknya, pasukan real ke desa B dan fake ke desa A. Dengan demikian, potensi musuh melakukan CFD akan pindah ke desa B -- padahal serangan real justru masuk ke desa A.
Mata-mata bisa saja berubah haluan seiring berjalannya waktu dan kedekatan antar anggota aliansi. Selama suasana aliansi kondusif, anggota bisa bekerja-sama, petinggi memperhatikan anggota -- membuat mata-mata menjadi nyaman berada didalam aliansi dan bisa saja berubah haluan politik. Hal itu akan meningkatkan moral aliansi.


Thus if the enemy is rested you can tire him; if he is well fed you can make him hungry; if he is at rest you can move him. Go forth to positions to which he must race. Race forth where he does not expect it (Sun Tzu).
Membuat musuh kelaparan.
Gandum adalah salah satu faktor penting yang membuat pasukan bisa tetap bertahan selama perang. Saat musuh berusaha bertahan dari serangan terhadap desanya yang banyak (fake dan kemungkinan serangan real), perhatiannya tidak akan tertuju kepada siapa saja yang mengirimkan pasukan bertahan ke desa (apabila ada CFD), tetapi siapa saja yang melakukan serangan. Kelengahan ini bisa kita manfaatkan dengan mencuri gandum yang ada pada desanya. Caranya dengan mengirimkan pasukan bertahan mode bantuan, dan sesaat sebelum serangan real masuk, segera tarik pasukan bertahan. Bisa juga mengirimkan bantuan ke oasis-nya agar tidak perlu ditarik selama serangan ke desa. Note : untuk spy cara ini malah sangat menjanjikan dan tidak mencurigakan.
Saat perang satu lawan satu (Di awal game), teuton dengan hobinya melakukan raid membuat gandum di desa kemungkinan besar minus. Saat tidak online mereka memperhitungkan jumlah gandum yang tersedia cukup digunakan selama tidak online. Mungkin pasukan kita tipe bertahan sehingga menyerang secara frontal akan merugikan. Kirim pasukan defend kita dengan mode bantuan ke desanya sampai pasukan bantuan berkurang (menandakan gandum sudah habis), tarik pasukan, dan tunggu sampai kelaparan memakan korban di desa nya.
Croplock adalah cara untuk membuat desa kelaparan berkepanjangan dengan menghancurkan semua ladang, toko roti, dan penggilingan gandum; Di sertai dengan penghancuran lumbung (menghabiskan gandum yang ada), gudang (mempersulit NPC dengan crop lain - hanya tidak direkomendasikan apabila ingin menjadikan desa tersebut lahan raid), bangunan utama (memperlambat pembangunan), dan juga pasar (menghentikan supply SDA ke desa lainnya). Saat pemain di-croplock mereka akan mencoba mendapatkan gandum dari desa terdekat (entah desa sendiri atau desa teman terdekat); Cara terbaik untuk keluar dari kondisi croplock adalah menggunakan fasilitas NPC dan pembangunan dengan segera (butuh gold yang banyak) -- mendapatkan gandum dari pertukaran SDA lain dan segera bangun ladang sebelum habis lagi karena minus. Lakukan terus menerus sampai gandum sudah tidak minus. Untuk T4, bisa memanfaatkan hero dengan memindahkan hero ke desa croplock, pakai buku kebijaksanaan : set semua point untuk menaikkan atribut sumberdaya, dan dalam pengaturan produksi sumberdaya hero pilih gandum.


Once you destroy something, you not only take away it’s ability to be your enemy, BUT, you also take away it’s ability to be your friend (Sun Tzu).
Bijaklah memilih teman dan menyatakan perang
Saya pernah membaca di forum travian kejadian yang saya anggap licik dan tidak mendidik. Ada pemain besar sering melakukan raid kepada pemain kecil. Kemudian, dia berkomunikasi dengan pemain kecil tersebut; Mengajarkannya cara bermain travian yang baik dan bagaimana mengembangkan desa. Setelah beberapa lama, dia menganjurkan penggantian ibukota dengan desa yang lebih baik. Setelah ibukota berpindah tempat, ibukota lama di chief oleh pemain besar tersebut. Penuh kontroversi dan caci maki di forum.
Tidak selamanya menghabisi desa di areal 7x7 atau 14x14 adalah cara terbaik untuk berkembang. Kadangkala kita perlu membiarkan desa-desa di sekitar kita untuk berkembang agar bisa di chief kemudian hari. Kembangkan chief di beberapa desa dan usahakan jumlahnya 2-3 chief di masing2 desa (dapatkan 3 chief di masing2 desa dengan cara bangun istana. Setelah 3 chief jadi, hancurkan dan bangun istana di desa lain -- hanya merepotkan apabila ada chief yang mati, karena terpaksa bangun istana lagi di desa tersebut).


Thus, what is of supreme importance in war is to attack the enemy's strategy (Sun Tzu).
Membuat cata musuh meleset
Apabila musuh melancarkan serangan cata dan kita tidak memiliki kemampuan untuk bertahan, counter balik serangan musuh dengan melakukan cata target titik temu. Diharuskan serangan cata kita masuk lebih dulu daripada serangan cata musuh.
Supaya cata masuk lebih dulu, serangan bisa dilakukan dari desa pemain atau teman yang terdekat dengan desa musuh. Bisa juga dilakukan dari desa yang sama (pusat kebugaran lebih tinggi). Taktik ini sukses apabila timing serangan tepat sehingga saat cata musuh tiba, titik temu didesanya sudah hancur. Hasilnya, serangan cata lawan akan meleset semua.
Apabila tidak ada desa yang bisa melakukan serangan cata lebih awal ke desa musuh, intercept serangan tersebut. Serangan cata biasanya diawali dengan hammer besar, diikuti banyak wave membawa sedikit pasukan + cata. Masukkan pasukan defence di antara hammer utama dan wave selanjutnya (intercept); bisa dengan dodge atau pengiriman pasukan dari desa lain. Perlu analisa dan keberuntungan untuk menilai wave mana yang merupakan hammer utama.

Bagi yang mau berbagi strategi lain saat bermain travian, bisa ditulis disini agar kita bisa sama-sama belajar untuk mengembangkan strategi tersebut menjadi kemenangan.

0 komentar:

Poskan Komentar