Simcity?
Siapa yang nggak tahu? Reputasi simcity di travian lumayan jelek karena
para attacker yang dengan sombongnya mengatakan populasi tidak penting,
yang penting jumlah tentara. Benar memang populasi tidak penting,
tetapi salah juga kalau tentaranya tidak didukung oleh populasi desa
yang baik, yang otomatis pasti terdiri atas produksi dan infrastruktur.
Simcity
sendiri adalah istilah sebuah game simulasi pembangunan perkotaan. Pada
travian digambarkan sebagai pola permainan santai dimana fokus si
pemain adalah membesarkan kerajaannya dengan sebanyak2nya membuat desa.
Ini berlawanan dengan gaya para perampok (raider) dimana mereka
mengabaikan pembangunan desanya dan membuat pasukan sebanyak2nya untuk
dapat meningkatkan rampokannya, akibatnya si perampok akan sangat
disibukkan dengan urusan2 menyerang pemain di segala arah secara nonstop
setiap hari. Padahal simcity sendiri bukan berarti minim tentara, kalau
dimainkan dengan benar otomatis jumlah tentara akan lebih banyak dari
pada populasi. Jadi tidak salah juga bermain simcity selama tetap pada
jalur yang benar.
Pada
saat kamu memiliki 4 desa atau lebih, produksi resources mungkin sudah
mulai terasa lebih lancar dan antar desa kamu bisa saling bantu
resources untuk pembangunan. Pada panduan ini kamu akan dikenalkan cara
bermain simcity yang benar, terutama untuk pemain yang sudah memiliki 4
desa atau lebih dapat mengikuti panduan ini. Perhatikan dengan baik
setiap langkah2 berikut:
I. Konsisten dengan Defense Minimum
Masalah
utama para pemain simcity adalah mereka terlalu asik membangun desanya
sehingga mengabaikan defense. Untuk menghindari hal ini kamu harus buat
komitmen untuk secara konsisten membangun defense sebagai prioritas.
Tidak sulit, cukup dengan kriteria defense = 100% populasi untuk desa
dengan populasi > 250. Jadi begitu kamu memiliki desa dengan populasi
250, berarti saatnya kamu membuat 250 defender (praetorian, phalanx,
spearman). Bila kamu lakukan dengan benar, maka secara berkala tiap desa
kamu pasti akan memiliki sekitar 500 defender. Perlu diingat bahwa ini
adalah defense minimum, nantinya kamu perlu meningkatkan ke angka
optimalnya.
II. Nilai budaya dan perayaan
Tujuan
dari simcity adalah membesarkan dengan cepat kerajaan kamu. Otomatis
ukuran dari seberapa besarnya kerajaan kamu adalah jumlah desa yang kamu
miliki. Mungkin pada saat ini kamu merasa punya cukup resources untuk
membuat kastil dan settler. Tetapi selalu, kebutuhan (hambatan) dalam
membuat desa adalah persyaratan nilai budaya. Kebutuhan nilai budaya ini
dapat kamu lihat di kastil, baik nilai budaya yang kamu peroleh,
produksi nilai budaya harian, hingga nilai budaya yang dibutuhkan untuk
membuat desa baru.
Biasanya
dengan produksi normal nilai budaya, persyaratan untuk membuat desa
baru akan terpenuhi sekitar 3minggu hingga 1 bulan dari sejak membuat
desa baru. Sangat lama bukan? Untungnya ada metode lain untuk
mempercepat nilai budaya, yaitu perayaan pada balai desa. Untuk
melakukan perayaan ini kamu perlu memiliki balai desa minimal tk1, tentu
saja sebelumnya kamu harus membuat akademi tk10. Tiap perayaan
(perayaan kecil) akan membutuhkan sekitar 6k masing2 resources. Nilai
yang mahal, tetapi untuk sebuah investasi layak dilakukan, dan secara
jangka panjang akan terbayar berkali2 lipat. Bila kamu dapat membuat
perayaan di semua desa aktif kamu, termasuk desa baru kamu, maka akan
sangat dimungkinkan kamu dapat membuat desa baru dalam waktu seminggu
dari sejak pembuatan desa sebelumnya.
Selain
perayaan, dapat juga dengan membuat bangunan yang produksi nilai
budayanya tinggi, misal pasar dan kedutaan tk20. Mungkin kebutuhan untuk
kedutaan tidak ada, tetapi investasi yang relatif murah ini dapat
menghasilkan 153 NB perhari, yang secara jangka panjang sangat
menguntungkan.
III. Ladang - gudang/lumbung - bangunan utama - resources
Bisa
dibilang strategi simcity tidak berbeda dengan konsep megapolitan,
dimana desa2 yang sudah stabil membantu secara intensif desa2 baru.
Untuk bisa membantu secara intensif otomatis perlu gudang dan lumbung
yang cukup, tetapi sebelumnya kamu perlu menyediakan ladang terlebih
dahulu. Begini langkah2nya sejak desa baru kamu dibuat:
- Naikkan semua ladang ke tingkat 2.
- Gudang tk6, lumbung tk5.
- Bangunan utama tk10.
- Tambah ladang hingga produksi gandum lebih dari 100
- Gudang tk10, lumbung tk8
- Bangunan utama tk15
- Pasar tk4
- Semua resources sampai tk6
- titik temu
- barak tk3
- akademi tk10
- balai desa tk1 dan mulai jalankan perayaan
- riset defender (buat pabrik perisai bila diperlukan)
- buat defender sesuai dengan populasi, naikkan ladang seiring dengan itu.
- naikkan resources hingga tk8
- kastil tk10, settler 3 unit, siap2 bikin desa baru
-
naikkan salah satu lahan resources hingga tk10 lalu buat bangunan
bonusnya (pabrik bata, pemotongan kayu, peleburan besi, penggilingan
gandum).
- pasar tk 12
- lanjutkan semua pembangunan secara seimbang (produksi ddan infrastruktur), sedapat mungkin semuanya dilakukan nonstop.
Catatan:
bangsa romawi dapat melakukan pembangunan lahan produksi dan
infrastruktur secara bersamaan, jadi proses di atas bisa 2 kali lebih
cepat.
IV. Optimal defense dan desa ofense
Defense
sebesar populasi tidaklah cukup. Seiring dengan semakin lengkapnya
pembangunan lahan produksi kamu, sudah tentu produksi kamu akan
meningkat. Untuk desa dengan ladang gandum 6 unit, produksi gandum
maksimal akan mencapai 1800 unit/jam. Dari kapasitas produksi ini,
optimal defense sekitar 750 unit defender untuk tiap desanya. Selama
masa pembangunan desa kamu dapat mempertahankan optimal defense ini.
Tetapi ketika pembangunan infrastruktur mencukupi, maka kamu juga
sebaiknya meningkatkan defense hingga mencapai 1000 unit.
Di
sisi lain kamu juga perlu mempersiapkan desa offense yang baik. Karena
offense adalah sesuatu yang lebih cenderung boros, maka ada baiknya satu
desa offense didukung oleh beberapa desa defense, baik defendernya
maupun resourcesnya. Bila kamu mau main santai, mungkin satu desa
offense cukup untuk seluruh desa yang kamu miliki. Kalau mau lebih
agresif, kamu dapat membuat rasio 1 desa offense dengan 4 desa defense
penunjang.
Pada
intinya simcity di travian adalah bagaimana mengejar nilai budaya dan
desa baru, yang berarti adalah perayaan non-stop di balai desa setiap
desa2 kamu. Tetapi untuk dapat melakukannya dengan benar kamu perlu
tetap pada jalurnya, yaitu minimal defense, optimal defense, hingga
defense maksimal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar